Posts

Showing posts from July, 2018

Berdagang apa Begadang

Image
ngomongin soal pekerjaan sekarang, lebih maju lagi kerja nggak harus nunggu jadi sarjana atapun kaya raya, ahh apaan dah. Itumah kunci kalau kamu pada mikirin gmna hidup selanjutnya, kadang kita nyiapin sesuatu jauh kedepan padahal hal tersebut bisa lo lakuin nggak nunggu syarat ijazah dan bla-bla lainnya.

etdah, sebenarnya masalah daripada yang lain sih kadang-kadang orang tua cuma nyuruh anaknya fokus aja sono belajar biar bapak yag nyari duit, kamu nikmatin aja sampai lulus. Kalau para orang tua baca bukunya Rhenaldi kasali " self driving " bahwa ada yang salah kalau mendidik anak seperti itu. Hal tersebut = membatasi anak, yang dikatakan Rhenaldi kasali dalam bukunya " sebagai orang tua yang baik bukan mempersiapkan harta warisan untuk anak ataupun biaya kuliah tapi ajari mereka mencari biaya kuliah sendiri, jadi kalau para bapak atau ibu sudah tidak sanggup memberikan materi akan ada bekal yang anak dapatkan,

Sama aja aku juga pernah ngalamin hal tersebut. Awal ma…

kerjaan zaman sekarang

Sekarang udah zaman kalau kita liat di tv dulu terlihat konyol, tapi kini nyata.  Mau pergi tinggal buka handphone, drivernya udah nyamperin kerumah, laper tinggal pencet-pencet cari sesuai selera. Bank kalau zaman dulu udah hebat bener bisa ngirim duit ketempat yag beda benua pun, itu dulu. Sekarang mah lebih enak ada banking, ngirim duit sama transfer tinggal pencet-pencet duduk manis ( manis kalau bukan bayar utang hahha).

trus, mau liat sodara yang jauh dimanapun udah ada handphone yag bisa videocall ( nampak muke ). Itumah cuma beberapa aja masib banyak hal lain yang lebih dari itu. Dan masih banyak lagi kemajuan teknologi yang bikin kita geleng-geleng saat ini.

 Nggak sadar apa ini beneran apa boongan, sumpeh dah. Tapi, dibalik itu semua masih ada sih yag ngebuat kita jadi rusak, itu bagi kamu-kamu yang nggak bijak ngehadapin semuanya yang jelas nggak perlu lo nyalahin handphone dan internet karena anak lo, adik dan kakek lo semuanya kecanduan. Semua lagi balik ke diri lo teruta…

Jelajah malam museum

Image
JOGJA ISTIMEWA
siapa yang tak kenal ? berawal dari keinginan menuju Universitas Gudang Mantu aku menemuimu Jog, hauua. Tapi keinginan ini nggak sampe , ya uwes dapet Universitas Insyallah Negeri. Pertama seneng lulus agak haru, lama-lama tak ingin memasukinya( curhat ).
Trus piye ? ya sudah. Pertama berangkat sudah dipersiapkan ingin SBM tahun depan, menggebu banget. Jadi ? iya jadi tetap di sini. Berawal dari semua aku mencari sesuatu sehingga ndak SBM lagi biar memudar dikit. Nge-museum malem-malem, pernah ? Jogja itu banyak hal yang wow. Pokoknya kalau kamu dari daerah Sumatra banyak yang buat mu agak cengang. Kayak aku makan nasi lauk cuma 5000an, dll. Eh yang lain dari itu banyak event-event yang gratis, pencarian anak kos. Kayak ini di Malioboro kan ada Museum Benteng Venderburg jadi kayak pengelola Museum mau ngenalin ke masyarakat khususnya anak muda untuk mengenal lebih dekat.
Acaranya seru, dapet kenalan baru yang penting pengetahuan sama pengalamannya. Sore itu di instagram @m…

ngepantai sampai malem

Image
Ternyata… Apa coba ? Tumblr diblokir kembali, cemeuyy. Kemarin udah agak meradang pas denger tumblr diblokir, biasa katanye ada konten porno trus ada juga radikal. Eh, tapi sebelum liburan lebaran aku masih bisa aksesnya lo. Beberapa saat kemudian, pas udah santai abis lebaran ndak bias dibuka lagi coba. Setelah ngelihat story kak iqbal, “ masih berusaha memediasi dengan kominfo, doakan ya pengguna tumblr “. Emhh, gitu ya. Setelah itu, berpindah ke blog ini. Gitu deh
Ngepantai sampai malem, ngecamp katanyaSabtu sampai minggu, waktunya libur anak kuliahan. Aku udah kuliah lo, sombong dikit. Malamnya temen kos ada yang ngerencanain mau camping di pantai daerah Gunung Kidul sana, terkenal eksotis cuy. Abis asar rencana mau otw, tapi ya ndak segampang itu. Beberapa menit sebelum pergi, terancam gagal tau ndak.
Melly si princess, ngebuat Alifa semacam kek mak-mak batak. Maklum emang anak Batak. Tapi nggak negbuat kami gagal, tau kenapa ? beras sudah jadi nasi, alat camp sudah disewa, yang ter…

Program sabar, supaya ndak berang

Sambil nunggu bedug di pukul, acu mau ngomongin tentang sabar nih. Sering banget kan, orang atau kita sendiri " sabar, sabar " kadang kalau kita ngomong ke orang sabar ya, pasti ada kan yang bilang " ngomong aja gampang " trus gmna caranya ?

Saya memang belum memadai jika di bilang orang yang sabar, tapi sabar ngak harus nunggu jadi tua kan ? Nah, aku pernah membaca buku
" happines inside " dalam buku tersebut dibeberkan, bagaimana menjadi orang sabar.
Nah, bedanya orang yang sabar dan enggak itu ternyata dari program atau kata-kata yang tertanam di dalam dirinya. Contohnya, di lampu merah kalau kita sedang naik motor trus lampu hijau kan, baru lampu ijo trus kita belum bergerak pasti yang dibelakang langsung klakson, iya ngak ? Ternyata, sering kita asosiasikan suara klakson itu sebagai teriakan orang karena kita lambat, tidak siap dan bego. Dan, suara klakson itu sontak buat kita jadi panas, apalagi pas puasa, lelah trus di klakson ? Beranglah kita.
Nah …

Inak, pulanglah

Image
Nging..nging Empat hari yang sudah “ rampung ”. Lega setelah men skip kepulangan kerumah. Pagi ini dengan semangat, kulangkahkan kaki menuju bandara internasional lombok atau kalo kata orang lombok BIL. Pukul 05.30 saya sudah berada di bandara tersebut, dengan perut kosong nafas tersengal-sengal (cemas). Menunggu antrian bagasi, belum tiket tersentuh. Petugas mengatakan jika pesawat mengalami keterlambatan dan akan di berangkatkan pukul 09.00. <“ what do you do ? ”( ngamvek).  Kenapa ngmbek ? semalam hanya tidur 2 jam an, agar tidak terlambat (takut ngebo). Kamar yang saya pesan lumayan berkelas (pamer) , ada kolam renang serta pemandangan sawah, gunung yang memukau. Pikiran saya tersentuk pada rugi.<br> Dan… Saya belum sarapan</p>. Tau kan kalau orang perutnya belum diisi pengenya ngaum terus. Untuk balik kehotel lagi juga tidak mungkin karena sudah cekout. Alhasil menunggu sampai tiba akhirnya hahah.
Pukul 10.00 wita, lion lepas landas dari BIL dalem ati ( tunggu aku…

Pamit Pergi Mengejar Mimpi, Pulang Sudah Tak Bernyawa Lagi

Degh.. Setiap terjadi jabat tangan di kerumunan dasi ungu itu, ada yang memantik percakapan. Mulai dari nama, asal hingga mengapa. Dari berpuluh jabatan yang menempel, lebih banyak yang mengira delapan huruf yang kusebutkan itu berada di papua, kalimantan hingga sulawesi sana. Aku hanya bergumam, " semoga suatu saat delapan huruf itu akan diketahui banyak orang ". Benar saja, setelah 2 tahun lalu terdengar " nyala untuk yuyun ". Kini layar serta suara kotak hitam itu mencuitkan delapan huruf itu kembali. Dengan kejadian yang tak jauh berarti. Coba bayangkan, jika pagi tadi si anak masih mencium tangan. Berbaju rapi berwarna abu, menyantap masakan ibu lalu meminta uang saku. Dan beberapa esok ditemukan tak berbaju, bukan lagi tak berbaju namun tak bernafas atau hanya sekedar berkata  "aku pergi dulu ayah ibu". Sudah jelas orang tua yang di cium tangannya tiap waktu, tak henti menyalahkan diri mengapa bisa seperti ini. Sebenarnya aku tak detail apa yang …