Posts

Showing posts from August, 2018

AKAN PERGI, SEBELUM PULANG

Image
AKAN PERGI, SEBELUM PULANG

Ya, aku mengandaikan pulang itu kerumah dan pergi kuartikan keluar dari rumah, kemanapun termasuk merantau. Jika pulang merupakan saat yang dinanti, jikalau pergi menjadi hal yang perlu dijauhi harus segera kutepis agar pergiku tak terasa meninggalkan apapun namun hanya berpindah sejenak, berpindah dari kasur rumah kekasur perantauan.
Liburan, waduh terlalu keren itu nggak relevan dengan apa yang kulakukan selama di rumah. Lebih tepatnya memang “ pulang “menempatkan rindu yang telah terkumpulkan berbulan-bulan, alah terlalu lebay. Telepon serta videocall sebenarnya sudah mampu melihat wajah keluarga, teman yang jaraknya bermil-mil di seberang sana. Tetap rasanya beda, ini juga bagian dari hiperbola.
Tiga bulan di rumah, dari Juni hingga Agustus. Ritme setiap harinya hampir sama, bangun tidur kesiangan ( kena omelan ), solat subuh lalu menyapu rumah. Dan yang paling special bisa sarapan pagi dengan lauk berbagai macam tanpa membeli, masakan emak emang nggak ada …

DiY ALA putput

Image
Gue masih liburan yang kerjaannya main handphone, nyapu  dan bengong sama obrak-abrik lemari soalnya cari peninggalan hahahah. Hari itu angin ribut, pokoknya kulit gue ngerasa dingin. Trus karena nggak ada gawean, kerjaan ngobar-abrik dimulai. Eh akhirnya temu bahan sama alat sulaman waktu gue SD, kreatif kan ? zaman SD aja udah nyulam yang bikin otak gue jadi panas sangking ribetnya nyulam, salah pola gunting lagi dan lagi sampai jaringnya putus, itu mah gue aja karena nggak sabaran.
Nah, beberapa hari yang lalu gue ngeliat yutub ngebuat tasel, etdah. Bahan yang digunain mah keknya ada semua dari peninggala tadi. Langsung gue ikutan buat deh,

Nah ini DIY ala PUTput
Setelah kamu siapin alatnya mulai deh bikin, DiY nya ala kamu.  Rincian alat dan bahannya, gunting, benang wol, batang kayu dan kardus persegi panjang.


Gulung benang wol dengan bantuan kardus yang telah dibuat persegi panjang, sebenarnya kamu bisa pakai apa aja asalkan bisa batu gulung benangnya. Panjang kardus persegi panjan…

ZERO WASTE CHALENGGE , dimulai dari dirimu

Image
SAMPAH
ADA
DIMANA-MANA
DI HIDUNG
...krik krik

Penghasilan terbesar dalam hidup kita ya sampah, ya nggak ? Hampir semua produk olahan makanan, alat dapur semuanya menggunakan bahan plastik. Mengapa plastik berdampak buruk bagi lingkungan? kantong plastik adalah bahan yang sulit terurai oleh mikroorganisme dikarenakan rantai karbonnya panjang, sehingga perlu waktu beratus tahun untuk terurai.  Nggak kebayangkan, harus nunggu seratus tahun ? Aktivitas kita sehari-hari saja menghasilkan banyak sekali sampah, contohnya kamu beli minuman botol bahannya plastik, pakai sedotan yang bahannya juga plastik ditambah lagi pakai kantong asoy yang jelas-jelas plastik. Tuh satu kali aktivitas  "membeli minuman" aja udah tiga plastik yang kamu hasilin. Kalau sehari udah berapa kali sebulan atau bahkan setahun ? Sedangkan jika sampah di TPU sampah terus menggunung maka lama-lama diletakkan dimana gunungan sampah tersebut atau kita yang akan tertimbun ?
Noh gambar di atas akibat kelakuan tangan dan p…