ZERO WASTE CHALENGGE , dimulai dari dirimu

SAMPAH
ADA
DIMANA-MANA
DI HIDUNG
...krik krik

Penghasilan terbesar dalam hidup kita ya sampah, ya nggak ? Hampir semua produk olahan makanan, alat dapur semuanya menggunakan bahan plastik. Mengapa plastik berdampak buruk bagi lingkungan? kantong plastik adalah bahan yang sulit terurai oleh mikroorganisme dikarenakan rantai karbonnya panjang, sehingga perlu waktu beratus tahun untuk terurai. 
Nggak kebayangkan, harus nunggu seratus tahun ? 
Aktivitas kita sehari-hari saja menghasilkan banyak sekali sampah, contohnya kamu beli minuman botol bahannya plastik, pakai sedotan yang bahannya juga plastik ditambah lagi pakai kantong asoy yang jelas-jelas plastik. Tuh satu kali aktivitas  "membeli minuman" aja udah tiga plastik yang kamu hasilin. Kalau sehari udah berapa kali sebulan atau bahkan setahun ? Sedangkan jika sampah di TPU sampah terus menggunung maka lama-lama diletakkan dimana gunungan sampah tersebut atau kita yang akan tertimbun ?

httpbatamtoday.comtanjungpinangread64073Lis-Akui-Pantai-di-Tanjungpinang-Kotor

Noh gambar di atas akibat kelakuan tangan dan pikiran kita yang semaunya, kalau udah sampai di daerah laut mah akan ada yang tersakiti, siapa hayo ? ya hewan laut lah. Sering kan kita ngeliat di sosial media yang hidung kura-kura ketancep sedotan, ngebayangin perihnya nggak kalau itu hidung kita ? Sakit coy, sesakit diduain...

Trus langkah kamu apa setelah ngeliat kejadian ini ? kalau kamu mau bilang kan di pantai tu banyak orang jualan yang kalau kita beli penjualnya pakai bungkus plastik, contohnya cilok , 
" masa pegang pakai tangan !". Alasan lain " tong sampah jauh ". Daripada kamu cari seribu alasan alangkah baiknya kamu membuat alasan untuk tidak membuang sampah lebih-lebih harus mengurangi sampah. Nah kamu bisa challenge dirimu dengan " zero waste ". Jadi sebisa mungkin kamu memakai barang-barang yang bisa dipakai berulang kali bukan sekali pakai. Caranya, eh sebelum menerapka caranya baca dulu ini, hidup bahagia ? kurangin yang nggak penting.

1. Bawa goodiebag 


Nah setiap kamu mau pergi belanja ke pasar atau ke supermarket lipat goodie bag dan masukkan kedalam tasmu, berikan ke kasir untuk memasukkan belanjaanmu. Goodiebag ini bisa kamu gunakan berkali-kali, tidak harus beli. Kumpulin goodiebag kain dari acara-acara sponsor yang seringkali ngebagiin goodiebag. Minimal kamu sudah mengurangi beberapa sampah plastik. Bukan hanya itu saja kalau kamu pandai menjahit tinggal buat ajadeh sesukamu. Simpel bukan ? Yuk langsung buat goodie bag. Mulailah dari hal sekecil ini dulu, kalau pengalaman saya, goodiebag tersebut selalu saya taruh di dalam tas karena sering kali kita berbelanja tidak terduga, misalnya di jalan.


2. Bawa sendok, garpu , sedotan atau sumpit



Nah kalau kamu tadi bilang mamang cilok ngasi plastik ya jadi kamu harus bawa mangkok kecil sama peralatan makan yang portabel gitulah. Ribet, ah masa ? bawa make up satu tas aja nggak ribet  masa bawa portabel satu aja ribet. Bingung beli dimana ? AHAH platform online kayak tokopedia, shoppe udah banyak neng jualan kayak gitu. Oh iya, klau mau beli portabel garpu, sendok dan sumpit bisa dibeli di miniso. Peralatan sendok portabel ini bisa kita gunakan jika makan di tempat, tapi diberika sendok berbahan plastik. Yang paling sering sedotan sih, jadi pas memesan minuman bilang aja, " es jeruk tanpa sedotan mas ", kita keluarin deh jimat zero waste kita. 



3. Bawa botol minum



Sering kan saat kita belanja makanan sekalian minuman, padahal cuma air putih tapi sering kali kita membelinya diluar dengan alasan berat di tas. Hemat goceng cuy, kamu bisa beli makanannya dua kali lipat dengan membawa botol minum dari rumah. Sekarang aja botol minum udah keren bisa pilih selera mu, MAU yang vintage atau superman juga ada hahh. Ini permulaan yag tepat kalau kamu seorang pelajar atau mahasiswa, dimulai dari kamu nanti temen mu bakal ikutan.

5.  Membiasakan memilah sampah.


Kalau pengalamanku dimulai dari kumpulin sampah plastik dan setorin sebagai bank sampah di Kotamu. Literally, udah banyak kok outlet penampung limbah plastik. Domisili Jogja bisa setorin ke projectbindonesia. Bukan hanya sampah plastik, tapi juga minyak jelantah atau limbah minyak goreng. Yang masih bingung minyak jelantahnya mau apakan dan kemanakan langsung setorin aja, itung-itung nabung. Dan sekarang sedang bekerja sama dengan teman sekelas saya, dalam waktu seminggu untuk ngumpulin sampah plastiknya, dan ketika akhir pekan disatukan kemudian di bank sampah kan, Uangnya akan kami gunakan untuk membeli buku-buku yang akan disalurkan kepada sekolah kali code. Tuh cuma dari ngumpulin sampah plastik aja, sudah berapa kebaikan yang kita berikan.


6. Follow influencer

Kadang ngerasa berat ya ngelakuin "zero waster" sendiri. Untuk nambah relasi dan wawasan bisa gabung di grup yang membahas tentang "zero waste". Supaya bisa termotivasi bisa juga follow beberapa influencer, seperti mbak dkwardani, eh beliau juga nulis buku lho tentang zero waste.



Yuk mulai chalengge diri kalian untuk bumi kita, keke chalengge aja bisa masa " ZERO WASTE CHALENGGE " nggak bisa. Intinya mah mulai aja dulu dari diri kita masing-masing, entar kalau orang ngeliat kan juga ikutan deh, jadi sama-sama...
.
.
DIMULAI DARI DIRIMU, sekarang.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mencari tahu kelebihan sebagai Kekuatan

Hidup bahagia ? kurangin yang nggak penting

Little seoulnya Jogja