Kamu single ? Aku bahagia

Kamu Single ? Aku bahagia


pinterest



Kamu jomblo ? nggak kok gue itu single. Jawaban dan  Pertanyaan yang klise. Nah sebenarnya single itu apa sih ? Beberapa minggu yang lalu gue nonton youtube akhsara podcast, menurut kak Sri Juwita Kusumawardani yag merupakan founder cinta setara, bahwa kualifikasi single itu ada tiga :

1. Belum menikah ( legaly single)
Contohnya ya pacaran. Udah pacaran aja kamu masih di sebut single loh. Jadi yang tidak punya pacar jangan khawatir karena pacaran dan jomblo sama-sama single. legaly single merupakan single yang belum menikah atau tanpa ikatan.

2. Sosialy Single
Kalau yang ini seperti HTS, tahu kan ? Pacar bukan, temen tapi kok lebih. Jadi jika legaly single itu ada hubungan yang namanya pacaran, nah kalau sosialy single ada hubungan tapi tanpa status. Bedane opo jal ?

3. Totally single
Di bagian ini memang tidak ingin menjalin hubungan dengan cara pacaran maupun HTS. Sudah pernah menikah, kemudian memilih sendiri kembali bisa jadi.

Kalau kamu termasuk yang mana ?
Sebenarnya di KBBI tidak mengenal jomblo maupun single . Coba aja cari jomblo di KBBI nanti jawabnnya " maaf, kami tidak mengenal jomblo ", nah kalau single itu merupakan bahasa inggris yang diterjemahkan menjadi, tunggal.
Jadi single kalau menurut aku, merupakan orang yang menjalin atau tidak menjalin hubungan namun belum sampai pada tahap ikatan seperti pernikahan. Kamu juga boleh menyimpulkan sendiri apa itu single, sambil nunjuk diri wkwk.

Tapi, walaupun Gue dan LO single, bahagia harus.

Karena semua orang ada masanya. Seperti kalau kita bilang " tidak bisa menyamakan minat kita dengan orang lain " begitupun dengan hubungan single dan tidak single. Ukuran bahagia juga bukan yang cepat dan lama, namun yang tepat.

Single, tidak bahagia ? Banyak

pertama, tuntutan keluarga dan lingkungan sekitar. Kekhawatiran orang tua akan anaknya "nggak laku " kayak barang dagangan ya. Karena sosial media menjual gambaran setelah punya pasangan itu enak. Namun adakah yang bertanya, setelah menikah apakah kamu bahagia ?

kedua, flashcak masa lalu. Trauma, cemas karena ditinggal nikah ataupun diselingkuhi. Jika lukanya cepat sembuh tidak masalah, kalau menahun ? perlu ditanyakan kembali bisa jadi kita " terpenjara diri " teringat masa lalu dan susah hidup dimasa sekarang karena merasa dihantui kecemasan. Bagaimana cara keluar dari penjara diri ? Tonton ini penjara diri, dan realisasikan.

ketiga, skill sosial kita. Kemampuan sosial kita yang kurang. Bisa jadi karena susah untuk berkomunikasi dengan laki-laki. Sehingga susah untuk menjalin hubungan.

Yang terpenting kita harus aware terhadap diri kita. Apasih yang ngebuat aku single tapi rasanya nggak bahagia malah senep.

Mengapa LO dan Gue harus memilih single ?

Karena belum punya pasangan, good wkwk. 
- lebih baik single daripada menjalin hubungan yang tidak sehat
Nah, kalau kamu sedang berada di legally single " pacaran ", jangan sampai aktualisasi dirimu tidak tercapai. Misalnya, apa-apa harus sama pacar, kan Lo juga butuh bersosial kalik, trus apa lagi ? Jangan hanya melihat bahagianya, jalan berdua, makan berdua sampai lupa tugas kita sebagai mahasiswa wkwk. Dalam kamu pacaran, sembari mengenali bagaimana karakter pasanganmu seperti, saling berbagi prespektif tentang kehidupan ataupun yang lain.

" setiap kita ada masanya untuk single dan berpasangan, namun jangan sampai lupa aware dengan diri kita " mengapa kita tetap single " jangan-jangan ada masalah dalam diri kita. Dan mengapa kita harus berpasangan, cari jawabnnya dalam dirimu  karena bahagia bukan masalah waktu." 












Comments

Popular posts from this blog

Mencari tahu kelebihan sebagai Kekuatan

ZERO WASTE CHALENGGE , dimulai dari dirimu

Hidup bahagia ? kurangin yang nggak penting