sedang dalam pencarian


 SEDANG DALAM PENCARIAN


petualangan dalam pencarian

Anak muda, waktunya bergalau ria. Bukan hanya soal siapa kekasih saya, namun mulai bertanya sebenarnya apa kesukaan, minat dan bakat saya. Mulai bingung, iya nggak ? Yang tadinya ketika SMA kerjaannya sekolah-pulang tanpa kegiatan tambah makin bingung karena nggak pernah terpapar organisasi maupun semacamnya. Lalu bagaimana pertanyaan saya ? Ternyata bahas tentang diri tidak semudah itu.

Aku juga merupakan Mahasiswa yang kebingungan mengenai “ siapa saya dan saya mau ngapain dengan saya “ . Banyak buku dan seminar yang menjual bagaimana “ know your self “. Emang seberapa penting sih ? penting banget kalau benar-benar dilakuin bukan hanya terus ditanyakan. Mengawali karir dalam dunia diri tidak melulu berhasil, ada diri yang sudah sampai pada titik jenuh. Ya gimana ya ? Jadi sebenarnya apa yang harus kita lakuin ?. Ada beberapa hal yang saya lakuin untuk tahu siapa saya. Bebrapa hal ini bisa kalian semua coba jika cocok untuk kalian, TIDAKMEMAKSA.
---------------
Cerita sedikit
Kalau aku dengam model “ door to door “ jadi ketika SMA aku memang bukan organis atau aktivis dan semacamnya. Jadi ketika sudah berstatus Mahasiswa dengan sebutan anak kosan akan jenuh bukan jika hanya kuliah-pulang ( kupu-kupu terlelap). Namun aku juga belum tahu jika masuk suatu komunitas atau organisasi apa yang cocok buat diriku. Mumpung masih mahasiswa awal buka semua pintu, coba masuk dan rasakan. Sekiranya cocok tetaplah berdiam di dalam dan jika tidak ya pulang . Namanya juga pencarian namun dengan peringatan ya, bahwa ketika kamu masuk dengan kesungguhan bukan dengan kemalasan.  Buat tujuan, kamu disitu mau ngapain, nggak mungkinkan bengong aja kayak kambing ompong. Karena tujuan bisa membuatmu tegak dikala kemalasan serta kejenuhan menghempas. Yak kamu bisa serang dengan tatapan tajam. Hey, aku punya tujuan maka bangunlah dan berdirilah ada banyak yang harus kamu wujudkan.
Berkarya setelah tahu apa yang dituju. Karya yang dimaksudkan bukan pajangan yang dibanggakan atau sesuatu yang berat, susah dan prosesnya lama. Dalam video Pak Zein, karya merupakan hasil dari sesuatu yang kamu kerjakan dan kasat mata. Contohnya gini aku ngelamun nah dalam lamunan itu aku dapet sesuatu sajak puisi lanjut supaya jadi kasat mata ya sajak tersebut ditulis di note maupun status. Jadi karya kan ?
Setelah kayak gitu kemudian ? karya tersebut kita konsisten dan dinaikin dikit yang jadi prestasi. kalau biasanya nulisnya sehari sekali ya dinaikin jadi 2, 3 dan semaumu. Bisa gitu yekan ? Kalau kata Pak Zein bilang yang buat kita galau karena seringkali mengevalusai hal yang abstrak atau tidak kasat mata. Dan yang terpenting pretasi itu acuan standart dari kita sendiri bisa dibilang proses.
----------------
Saatnya “ know your self “
Lagi-lagi ilmu ini kudapatkan dari Pak Zein Permana. Semoga bermakna juga bagi kalian yang membaca. Bagaimana menyikapi kegaluan kita tentang
“ ketahui siapa kamu “.
1.            Mulailah dengan menanyakan kepada temanmu, ibu bapakmu atau orang-orang yang berada disekitarmu selama satu bulan. Dengan pertanyaan “ apa yang bisa saya bantu ?”
2.            Memasuki akhir bulan, lalu ingat kembali atau buat tulisan dari yang kamu lakukan ketika membantu orang. Dan buat pola kira-kira hal apa yang membantu orang dengan keberadaan kita.
3.            Yang terakhir, refleksi atau merenung dengan 4 hal dibawah ini :
-       Perilaku menolong yang paling mudah
Contonya : mendengarkan curhatan
-       Mana yang paling enjoy
-       Mana yang paling jagi (buka ayam jago hhaha)
-       Mana yang berpotensi jadi profesi
 hebatnya pemikiranmu akan tetap seperti itu berdiam di kepalamu jika tak kau pernah kau karyakan dan akan tetap menjadi kegalauan 


Comments

Popular posts from this blog

Mencari tahu kelebihan sebagai Kekuatan

ZERO WASTE CHALENGGE , dimulai dari dirimu

Hidup bahagia ? kurangin yang nggak penting