Budgets Planner ala Milenial

Ngomongin generasi milenial nggak lepas dari teknologi dan informasi yang makin terkini dan canggih sekali. Ya, bisa dilihat aja kayak.

"ku mau makan ?, bukan lagi. " kuingat kamu ! wkwkwk

Buka gadget, pilih makanan sesuai selera, tunggu beberapa menit. Makananan yang kamu pesen siap disantap tak perlu keluar keringat. Ya nggak ?. Dan masih banyak contoh lagi yang biasa kamu lakuin. Eits dibalik kecanggihan informasi itu kita juga bisa terperosok jadi budaknya benda mati yang menggerogoti nafsu belaka. Apalagi kalau bukan "BOROS" semakin menjadi-jadi. Duit seberapapun yang kita punya kayak nggak cukup.

Di balik itu semua, muncul pertanyaan. " bagaimana caranya memanage uang ?" bagaimana kita ngatur benda mati itu, kalau yang idup malah yang diatur ? wkwkwk

inspigo

Sebelum nanya, nanya gimana. Dengerin podcastnya Mbak Ligwina dulu deh di Inspigo. Modal kuota doank bisa sambil gosok baju atau merenung gitu. Beberapa hari yang lalu, aku juga story di Instagram mengenai management uang. Dan masih banyak yang " iya gimana donk, aku juga susah "

1. Ubah mindset dulu, ingat duit itu benda mati yang seharusnya kita atur bukan kita yang diatur. Jadi benahi pemikiran kita mengenai kenapa kita perlu memanage uang. Kenapa ? karena seberapapun uang yang kamu hasilkan akan habis begitu saja kalau kita nggak ngelola pengeluaran dengan baik. Baca juga Kurangin hal nggak penting

2. Punya tujuan yang spesifik. Misalnya, di 2019 aku mau membeli laptop. 

3. Buat prioritas. Sisihkan uang bulanan yang udah dikasi orang tua untuk bayar kebutuhan pokok, misalnya kalau ngekos uang listrik, air dll. 

4. Hitung setiap pengeluaran yang kamu ambil dari uang bulanan/ gaji itu. Kamu bisa memakai aplikasi ini, bisa download lewat google play. Sehingga, akan ketahuan uang yang tersisa, pengeluaran untuk apa saja dan pengeluaran terbanyak di bagian yang mana. Dalam mencari solusinya pun bisa lebih spesifik.

aplikasi budgets planner
5.  Menabung, setelah kamu tahu sumber pendapatanmu dari mana saja. Misalnya dari kerja, masa iya sampai tua harus kerja keras terus tanpa punya simpanan ?. Yang kedua, setelah kamu sedekah atau membatu orang yang membutuhkan. Nggak mungkin kan punya tabungan tapi ngelihat saudara kesusahan.

planner ala gatherich


Kalian juga bisa nabung ala gatherich. Print lalu tempelkan di dinding dan lakuin perminggunya. Chalengge menabung yang nggak ngebosenin dan bertantangan. Iya nggak ?

" belanjakan uangmu pada barang yang kamu butuhi, bukan hanya nafsu "
NB:
yang punya tips bisa banget dishare

Comments

Popular posts from this blog

Mencari tahu kelebihan sebagai Kekuatan

Hidup bahagia ? kurangin yang nggak penting

Little seoulnya Jogja